google apps  

Rabu, 28 Januari 2009

Mayoritas dari Anda semua pasti sudah tahu tentang Google Apps. Nah, bagi yang mengetahui tentang Google Apps, mudah-mudahan postingan ini bisa membantu Anda lebih kenal dengan Google Apps. Google Apps merupakan layanan perangkat komunikasi dan kolaborasi canggih yang dikembangkan oleh Google.

Pada umumnya, pengguna Google Apps berasal dari kalangan bisnis. Namun tidak menutup kemungkinan bagi para blogger atau personal juga dapat menggunakan fasilitas Google Apps. Sebelum saya melangkah ke cara bergabung dengan Google Apps, alangkah lebih baik kita mengetahui lebih dulu layanan dan perangkat apa saja yang disertakan dalam Google Apps.

Berikut fasilitas dan perangkat yang disertakan dalam Google Apps :

GMail
Menawarkan alamat email yang dapat disesuaikan dengan nama domain yang Anda miliki, dengan kapasitas email host 7GB (Free account) dan 25GB (Premier Edition). Misalkan, saya bisa membuat account emailmas@dimascyber.web.id yang dihostingkan di GMail, sehingga tidak menghabiskan quota di cpanel hosting saya. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan. Disamping itu, server Google sudah teruji kestabilannya.

Google Talk
Google Talk akan membantu komunikasi secara lebih efektif dan efisien. Google Talk menyediakan sarana praktis dan gratis untuk berbicara dan bertukar pesan cepat dengan kontak Anda. Dengan Google Apps, jaringan IM organisasi Anda akan tersambung secara otomatis ke seluruh jaringan Google Talk, sehingga Anda dapat segera terhubung dengan jutaan pengguna lainnya.

Google Calendar
Dengan Google Calendar, berbagi acara dan rapat dengan orang lain menjadi mudah dilakukan. Anda dapat mengatur jadwal dengan sejumlah orang dalam beberapa cara sebagai berikut:

  • Mengirim undangan rapat dan acara, serta melacak respons sejumlah orang, baik jika mereka menggunakan Google Calender maupun tidak.
  • Berbagi-pakai kalender Anda (atau hanya beberapa informasi dari agenda Anda) dengan orang-orang yang Anda kenal.
  • Membuat kalender yang dibagi-pakai untuk organisasi, tim, atau grup Anda yang dapat dilihat dan diedit oleh semua orang
  • Membuat kalender publik yang terbuka bagi semua orang.
  • Menampilkan kalender Anda di situs Web internal atau eksternal.

Google Calendar dan Gmail diintegrasikan untuk lebih memudahkan penggunaan Google Calendar. Kalender Anda diambil dari daftar kontak yang sama seperti account email, sehingga dapat mengundang orang lain ke acara dan rapat dengan cepat dan mudah. Bila Anda menerima pesan tentang acara melalui Gmail, Anda akan melihat gambar agenda yang akan membantu memutuskan apakah Anda dapat menghadirinya. Setelah itu, RSVP dapat dilakukan hanya dalam sekali klik.

Google Documents
Dokumen Google adalah program pengolah kata dan spreadsheet berbasis Web yang membuat kolaborasi menjadi lebih efisien. Dokumen Google akan membuat dokumen tetap online agar orang lain dalam organisasi Anda dapat mengedit dan memperbaruinya secara bersamaan, langsung dari browser mereka, sehingga Anda tidak perlu melacak lampiran dan pemilik versi file yang terbaru. Beberapa orang dapat melakukan perubahan secara bersamaan dan melihat hasil edit pengguna lain secara real-time. Setiap revisi disimpan secara otomatis agar Anda dapat melihat siapa mengubah apa dan kapan perubahan tersebut dilakukan. Anda juga dapat setiap saat kembali ke versi sebelumnya.

Halaman Awal
Halaman Awal digunakan untuk membuat tempat yang unik dan dinamis agar pengguna Anda dapat melihat pratinjau serta mengakses kotak masuk dan kalender mereka, menemukan informasi yang relevan dari organisasi atau bisnis Anda, serta mencari Web. Anda dapat menyesuaikan tata letak, informasi tajuk, dan skema warna, juga membuat konten default halaman yang dapat mencakup berbagai gadget iGoogle, konten dan link sendiri, serta feed RSS.
Dengan Halaman Awal, pengguna Anda hanya perlu mengingat satu alamat Internet untuk mengakses semua layanan Google Apps mereka. Dengan demikian, Anda dapat menghemat waktu dan klik untuk semua orang; serta memudahkan akses ke perangkat komunikasi baru bagi pengguna Anda yang tidak terlalu mahir menggunakan teknologi.

Google Page Creator
Dengan Google Page Creator, Anda dapat membuat halaman Web di browser Anda dan mempublikasikan ke Web dengan sekali klik, tanpa melakukan pemrograman apapun. Tidak perlu men-download perangkat lunak atau menyewa desainer Web, namun halaman Anda dapat tetap terlihat kreatif, unik, dan prosefional. Halaman ini di-host oleh server Google dan tersedia dari domain Anda agar dapat dilihat oleh seluruh dunia. Hosting halaman ini gratis, sama seperti semua layanan Google Apps lainnya.

Google Apps menyediakan perangkat untuk mengelola perubahan harian, seperti memperbarui daftar pengguna yang seharusnya memiliki akses ke layanan, membuat dan memodifikasi milis, serta mengubah halaman Web domain Anda. Organisasi dengan kebutuhan yang lebih lanjut dapat mengintegrasikan Edisi Premier dan Edisi Pendidikan Google Apps dengan infrastruktur TI lainnya yang ada. Google Apps menyediakan perangkat yang mudah dan canggih untuk semua jenis organisasi agar dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Sebenarnya masih banyak lagi fasilitas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, dan diintegrasikan dalam account Google Apps Anda. Untuk lebih jelas mengenai Google Apps, silahkan klik di sini.

AddThis Social Bookmark Button

Email this post


0 komentar: to “ google apps

 

Design by Amanda @ Blogger Buster